Ordered List

Rabu, 06 Juli 2016

Penerimaan dan Penyaluran Zakat Fitrah, Zakat Mal, dan Fidyah 1437 H

Medan, Infokom BKM -- Telah menjadi rutinitas setiap Ramadhan tiba, Badan Kemakmuran Masjid Jami' Nurul Ihsan membentuk Panitia Penerima Zakat Fitrah, Zakat Mal, dan Fidyah. Panitia tersebut bertugas menerima zakat dalam bentuk uang ataupun beras dari para muzakki dan menyalurkan zakat tersebut kepada para mustahiq.

Pada Tahun 1437 H ini, panitia telah memulai melaksanakan tugasnya secara intensif sejak 1 (satu) minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sampai dengan hari terakhir penerimaan, panitia telah menerima zakat fitrah, zakat mal, dan fidyah dari 966 orang muzakki sebanyak 1339 kg beras dan uang sejumlah Rp. 29.958.000,-.

Zakat fitrah, zakat mal dan fidyah yang telah diterima oleh panitia selanjutnya disalurkan kepada 199 orang mustahiq. Penyaluran dilaksanakan tepat pada malam Idul Fitri (H-1) dimulai dari pukul 21.30 s/d 22.30. Masing-masing mustahiq menerima beras sebanyak 6.5 kg dan uang sejumlah Rp. 150.000,-.

Seluruh rangkaian kegiatan penerimaan zakat fitrah, zakat mal, dan fidyah tahun 1437 H di Masjid Jami' Nurul Ihsan dilaporkan dan disampaikan oleh Badan Kemakmuran Masjid sesaat sebelum pelaksanaan ibadah Shalat Idul Fitri. Laporan ini disampaikan kepada Jama'ah secara terperinci untuk mendukung penyampaian informasi yang transparan dan akuntabel. Disela kesempatan tersebut, Badan Kemakmuran Masjid dan Panitia Penerimaan Zakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini dan seluruh pihak yang telah memberikan kepercayaan penuh kepada Badan Kemakmuran Masjid Jami' Nurul Ihsan untuk menyalurkan zakat fitrah, zakat mal, dan fidyah kepada para mustahiq di tahun ini. (IA)